Share

Yuk Ketahui Lebih Lanjut Apa Itu Virtual Account?

Yuk Ketahui Lebih Lanjut Apa Itu Virtual Account?
Date: 24 January 2023
Author: Kelvin Layzuardy

Virtual Account atau yang biasa dikenal sebagai VA merupakan salah satu jenis transaksi yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini.

Mengutip kompas.com, Virtual Account dapat diartikan sebagai akun/rekening bank berbentuk kombinasi angka unik yang dibuat secara virtual dan dapat digunakan untuk melakukan identifikasi pembayaran.

Pemilihan VA atau Virtual Account sebagai metode pembayaran tentunya bukan tanpa alasan, bisa dibilang kemudahan dan keamanan transaksi yang dilakukan melalui transaksi ini menjadi alasan.

Walau banyak yang sudah mengetahui atau menggunakan Virtual Account sebagai metode pembayaran, ternyata banyak juga yang tidak bisa membedakan peberdaan Virtual Account dengan rekening bank.

Perbedaan Virtual Account dengan Rekening Bank

Virtual account tentunya sangat berbeda dengan rekening bank. Sering kali banyak orang menganggap kedua hal ini sama.

Namun, pada kenyataannya berbeda mulai dari cara mengaksesnya hingga kegunaannya dalam melakukan pembayaran yah.

Dikutip dari kompas.com, perbedaan terletak pada Virtual Account yang akan jauh lebih memudahkan penerima dana untuk mengidentifikasi siapa saja yang melakukan pembayaran/transfer ke rekening untuk spesifik tujuan tertentu. 

Hal ini berbanding terbalik dengan bank, dimana pembayar biasanya lupa untuk menuliskan keterangan/informasi yang diperlukan bahkan terkadang harus dicek secara manual.

Kunggulan Virtual Account 

Sebagai salah satu metode pembayaran yang menjadi pilihan saat ini, virtual account sendiri sebenarnya memiliki keunggulan untuk digunakan loh.

Berikut ini beberapa keunggulan virtual account yang mungkin harus kamu ketahui, yuk simak lebih lanjut penjelasan berikut ini:

1. Transaksi Mudah Dilakukan

Melalui virtual account sebenarnya transaksi bisa dilakukan dengan mudah karena biasanya nominal yang ingin ditransaksikan akan terisi secara otomatis.

Transaksi melalui virtual account sendiri bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja loh. Asalkan kamu memiliki m-banking yang digunakan untuk mengakses pembayaran dengan virtual account.

2. Melayani Segala Transaksi

Virtual account sendiri bisa dibilang sebagai salah satu transaksi yang bisa digunakan oleh bisnis atau masyarakat dalam berbagai macam jenis transaksi.

Mulai dari transaksi pembayaran, e-wallet, hingga transaksi lainnya bisa menggunakan metode pembayaran virtual account loh.

Tentunya jenis virtual account yang digunakan biasanya akan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan transaksi itu sendiri yah.

3. Pembayaran Dikonfirmasi Otomatis

Hal terakhir yang menjadi keunggulan dari virtual account sebagai metode pembayaran adalah konfirmasi otomatis yang bisa dilakukan oleh bisnis.

Biasanya pembayaran melalui virtual account akan dengan mudah terkonfirmasi karena biasanya nomor virtual account yang dimiliki sudah terkoneksi dengan identitas pembeli loh.

Nah, jadi itu dia penjelasan tentang virtual account yang harus kamu ketahui saat ini loh. Penggunaan virtual account untuk bisnis sendiri bisa dilakukan melalui bank atau pun berbagai penyedia layanan yang ada.

Sebagai salah satu contohnya, SPE Solution merupakan penyedia layanan virtual account untuk bank dan jasa keuangan loh.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang virtual account dan berbagai hal lainnya, bisa langsung kunjungi SPESolution.com untuk informasi lengkapnya yah!