Share

Penggunaan QRIS Indonesia Terus Bertambah, Bagaimana Pada 2023 Mendatang?

Penggunaan QRIS Indonesia Terus Bertambah, Bagaimana Pada 2023 Mendatang?
Date: 19 December 2022
Author: Kelvin Layzuardy

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. 

Penggunaan QRIS di Indonesia sendiri pada 2022 bisa dibilang mengalami peningkatan cukup pesat apa lagi dalam sisi transaksi yang dilakukan bisnis.

Sebagai contoh yang dapat diambil ada pada Permata Bank yang mengalami peningkatan volume transaksi lewat QRIS hingga 239 persen secara tahunan (year on year) pada September 2022, dengan nilai transaksi naik 146 persen.

Selain data tersebut, menurut data yang dikutip dari berbagai sumber saat ini pengguna QRIS di Indonesia mencapai 30 juta pengguna dan diprediksi meningkat menjadi 42 juta pengguna pada 2023 loh.

Peningkatan yang terjadi tentunya menjadi salah satu tanda bahwa pada 2023 mendatang penggunaan QRIS di Indonesia akan terus meningkat khususnya bagi para pelaku usaha loh.

Lalu, apa saja yang harus bisnis persiapkan untuk menghadapi hal berikut ini? Pastinya kamu bertanya-tanya dan ingin tahu kan? Oleh karena itu yuk kita simak penjelasannya!

Bisnis Mulai Menerapkan Penggunaan QRIS

Mulai menerapkan penggunaan QRIS pada bisnis merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh bisnis di 2023 nanti.

Penggunaan QRIS yang semakin massive menjadi salah satu alasan kenapa bisnis harus mulai menerapkan penggunaan QRIS ini loh.

Tentunya menerapkan penggunaan QRIS pada bisnis yang kamu jalani tidak sulit untuk dilakukan saat ini karena kamu bisa menerapkan penggunaan QRIS melalui berbagai bank atau payment sistem yang sudah siap.

Namun, jika kamu merupakan salah satu payment sistem atau pun bank tersebut, kamu harus mencari perusahaan pengembangan QRIS ini.

Seperti salah satu contohnya adalah SPE Solution yang merupakan perusahaan startup fintech solution yang menyediakan berbagai jasa termasuk implementasi penggunaan QRIS yah.

Selain mencari perusahaan startup yang mumpuni, kamu juga harus yakin bahwa perusahaan tersebut aman dengan berbagai sertifikasi yang dimiliki untuk membuktikannya.

Pentingnya QRIS Bagi Bisnis

Sebenarnya QRIS tentunya memiliki manfaat cukup banyak jika digunakan dalam bisnis saat ini loh. Tentunya ini perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan QRIS.

Kelebihan pertama dalam menggunakan QRIS bagi bisnis adalah proses transaksi yang lebih cepat dan mudah dilakukan. Pasalnya customer yang ingin membayar cukup melakukan QRIS yang sudah disediakan oleh bisnis.

Dalam hitungan detik, pembayaran bisa dilakukan oleh customer ke bisnis tersebut tanpa perlu melakukan hal-hal ribet.

Kelebihan kedua, menggunakan QRIS dalam bisnis saat ini membuat bisnis dapat memberikan keamanan transaksi untuk customer.

Pasalnya transaksi yang dilakukan melalui QRIS sendiri semua pastinya sudah dianggap aman dan tidak akan merugikan pihak mana pun.

Keamanan yang baik tentunya menjadi salah satu perhatian customer yang ingin bayar menggunakan QRIS yah. Namun, dengan adanya kejelasan seperti itu tentunya kamu sudah paham bukan.

Nah, kurang lebih itu dia pembahasan tentang penggunaan QRIS di Indonesia dan penjelasan tentang kelebihan yang dimiliki QRIS sehingga harus digunakan oleh bisnis.

Jika kamu ingin tahu informasi lebih lanjut dan baca-baca seputar QRIS ini, silahkan kunjungi SPESolution.com untuk baca lebih banyak artikel yang membahas berbagai macam hal dalam dunia fintech yah!