Share

Pemanfaatan Virtual Account Untuk Metode Pembayaran Dalam Bisnis? Ini Contoh-Contohnya!

Pemanfaatan Virtual Account Untuk Metode Pembayaran Dalam Bisnis? Ini Contoh-Contohnya!
Date: 6 February 2023
Author: Kelvin Layzuardy

Virtual account menjadi metode pembayaran pilihan untuk berbagai macam pembayaran saat ini. Tentunya pemilihan virtual account bukan tanpa alasan, pasalnya kemampuan dan keamanan menjadi alasannya.

Tentunya pemanfaatan virtual account sebagai metode pembayaran sudah banyak diterapkan saat ini baik untuk bisnis atau pun untuk kebutuhan khusus.

Pastinya kamu sudah pernah menggunakan virtual account untuk berbagai transaksi yang ada dan dapat merasakan kemudahan dalam menggunakan metode pembayaran ini.

Namun, bagi kamu yang pernah menggunakan metode pembayaran ini dan penasaran bagaimana pemanfaatan metode pembayaran virtual account ini untuk apa saja, yuk simak penjelasan berikut ini!

Pemanfaatan Virtual Account Untuk Pembayaran:

  1. Tagihan Bulanan
  2. Pembayaran Belanja
  3. Top Up E-Wallet

Tagihan Bulanan

Virtual account seringkali digunakan untuk metode pembayaran tagihan bulanan. Biasanya berbagai macam tagihan bulanan dapat dibayarkan melalui virtual account.

Mulai dari tagihan uang kuliah, tagihan cicilan, tagihan asuransi, bahkan hingga tagihan listrik atau pun pdam sekarang sudah menggunakan metode pembayaran virtual account.

Biasanya jenis virtual account yang digunakan untuk membayarkan tagihan bulanan dapat berupa fixed virtual account yang dimana nomor virtual account ini dapat digunakan berulang kali.

Penggunaan pembayaran tagihan bulanan menggunakan virtual account sendiri merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Pasalnya bisnis ataupun customer yang membayarkan tagihan tidak perlu lagi melakukan proses verifikasi atau pengecekan secara manual karena biasanya pembayaran sudah tercatat secara otomatis.

Pembayaran Belanja

Selain pembayaran untuk tagihan, biasanya virtual account akan sering digunakan untuk pembayaran belanja baik di e-commerce atau di website tertentu.

Penggunaan virtual account sebagai metode pembayaran sebenarnya cukup membantu bisnis dan customer. Dimana bisnis tentunya akan bisa lebih mudah dalam mendeteksi pembayaran sedangkan customer akan merasakan kemudahan transaksi.

Penerapan virtual account pada berbagai situs e-commerce atau pun website tempat belanja saat ini sudah cukup massive dan merata yah.

Dengan hadirnya pilihan virtual account ini tentunya customer atau calon customer bisa memilih metode pembayaran ini agar lebih mudah ketika bertransaksi.

Top Up E-Wallet

Selain kedua hal di atas yang sudah disebutkan, penggunaan virtual account juga sering dilakukan untuk transaksi top up e-wallet.

Penggunaan untuk transaksi ini sendiri bisa dibilang sudah biasa dan memang lebih mudah menggunakan virtual account.

Pasalnya jenis virtual account yang digunakan untuk top up e-wallet biasanya adalah jenis fixed virtual account yah.

Perlu diketahui, fixed Virtual Account  merupakan jenis Virtual Account  dimana nomor virtual account bisa digunakan berkali-kali.

Sehingga para pengguna yang ingin melakukan top up ke e-wallet bisa dengan mudah melakukannya tanpa harus menggunakan nomor virtual account yang baru.

Jadi itu dia beberapa contoh penggunaan metode pembayaran virtual account yang ada yah. Tentunya masih banyak lagi penggunaan metode pembayaran virtual account yang ada selain ketiga contoh di atas yah.

Tentunya dengan pemberian contoh di atas, kamu sudah cukup paham bukan bagaimana metode pembayaran virtual account dapat dimanfaatkan saat ini.

Berbicara tentang virtual account, SPE Solution sebagai fintech enabler juga memiliki produk pengembangan virtual account yang dapat digunakan oleh berbagai institusi keuangan yah.

SPE Solution sendiri sudah mengembangan virtual account dari 3 bank nasional yang ada di Indonesia saat ini. Kamu yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan kunjungi SPESolution.com untuk informasi lengkapnya!